Aktifkan Feature Voice Assistant “Cortana”

Saat Microsoft memperkenalkan update Windows Phone 8.1 dalam acara Build Conference di San Francisco, Amerika Serikat, 2 April 2014 silam, ada salah satu feature menarik yang diperkenalkan. Feature tersebut adalah voice assistant yang dinamakan Cortana. Bisa dibilang, Cortana (yang namanya diambil dari karakter di game “Halo”) merupakan versi Windows Phone dari Siri (voice assistant di perangkat iOS). Cortana dapat mengabulkan segala permintaan Anda.

Tentunya dengan dukungan koneksi Internet. Bila ingin mencari sebuah keyword, Anda tinggal menyebutkannya dan Cortana akan mencarinya secara langsung. Namun, Microsoft belum menyebutkan kehadiran Cortana untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia. Bila Anda sudah menggunakan Windows Phone 8.1 Preview, tentu ada kekecewaan sendiri saat tak mendapati Cortana di sana.

Memahami kekecewaan Anda dengan memberikan cara menampilkan Cortana di smartphone Anda. Caranya pun cukup mudah. 1. Buka “Settings”. 2. Tap opsi “Region” dan ubah wilayah perangkat Anda menjadi “United States, English (United States)”. 3. Anda akan diajak untuk me-restart smartphone. Setelah smartphone Anda selesai melakukan proses restart, Cortana akan muncul di Start Screen. Selamat mencoba.