Gebyok Jati Sebagai Warisan Budaya Jawa

Gebyok kayu jati yang biasa kita lihat sebagai pembatas ruang maupun pintu dalam sebuah rumah atau bangunan, secara sekilas memang hanya sebatas pemanis atau hiasan saja ruangan saja. Tetapi, lebih dari itu gebyok kayu sebenarnya memiliki makna dan filosofi tersendiri yang mungkin belum banyak yang mengetahui. Apa saja itu? Berikut telah kami rangkumkan informasi untuk anda tentang gebyok kayu jati. Yuk simak ulasan berikut:

Gebyok jati sebagai karya seni telah diciptakan sejak abad ke-16. Gebyok yang dibuat dengan ukiran motif flora dan fauna khas kota Jepara, memiliki tampilan sangat indah, dan penuh estetika. Gebyok kayu juga memiliki makna sebagai perwakilan simbol kebijaksanaan manusia. Motif ukiran yang ada dalam gebyok jati begitu mendetail dan kadang sangat rumit, hal ini adalah sebenarnya menceritakan sebuah kisah, pesan spiritual yang mendalam tentang kemakmuran, kedamaian, harmini, serta yang paling utama adalah tujuan hidup manusia.

Yang paling utama dalam desain gebyok adalah nuansa etnik yang ditimbulkan, sehingga membuat suasana yang kembali melekat dengan alam. Beberapa motif yang terdapat pada ukir gebyok juga memiliki arti dan simbol sendiri-sendiri, misalnya adalah motif swatika yang menggambarkan tentang simbol keseimbangan dan keharmonian, motif kala marka sebagai simbol kasih sayang ibu dan anak, serta motif bunga bambu yang menjadi simbol regenerasi. Gebyok jati juga menggambarkan tentang naik turunnya para leluhur dan perjalanan ke surga.

Sebagai warisan budaya Jawa, hingga kini gebyok masih terus dilestarikan. Banyak bangunan-bangunan atau rumah yang menggunakan gebyok jati sebagai salah ornamen dalam rumah. Hal ini sebab memang motif ukiran atau tampilan pada gebyok memang memiliki nilai estetika yang sangat tinggi, sehingga banyak orang yang senang menggunakan gebyok sebagai furniture dalam rumah atau pintu, tak terkecuali dengan masyarakat modern zaman sekarang. Para pengrajin furniture asli jepara pun banyak yang memproduksi dan menjadikannya sebagai produk unggulan berkualitas yang laris di pasaran. Penggunaan gebyok sebagai ornamen pemercantik ruangan juga biasa digunakan di tempat-tempat umum, seperti balai desa, bahkan cafe dan resto sekarang ini juga banyak yang mengusung tema etnik jawa dan menggunakan gebyok sebagai salah satu oranamennya.