Lima Cara Menstimulasi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Mama Papa saat mengenalkan anggota tubuh pada si prasekolah:

  1. Memeragakan fungsi. Misalnya, kita bisa menjelaskan tentang perbedaan fungsi tangan dan kaki. Peragakan bahwa tangan berfungsi untuk memegang. Telapak tangan kita menggenggam benda berukuran kecil lalu disimpan pada suatu tempat. Peragakan pula, betapa sulitnya memegang benda yang sama dengan kaki. Kita jelaskan, kaki berfungsi untuk berjalan, melompat atau berlari. Ajak si kecil untuk melompat bersama, misalnya. Jadi, kita peragakan bagaimana fungsi kaki tersebut. Dengan begitu, anak bisa paham fungsi masing-masing organ dan bagaimana perbedaannya karena diperagakan secara langsung.
  2. Bermain menempelkan anggota tubuh. Kita juga bisa menjelaskan dengan aktivitas bermain yang menyenangkan. Umpama, dibuatkan gambar manusia dengan anggota tubuh yang belum lengkap: belum ada hidung, mulut, serta telinga. Minta anak untuk menempelkan potongan gambar pada tempat yang tepat sehingga anggota tubuh tampak lengkap.
  3. Menutup dan membuka mata/telinga. Untuk menjelaskan fungsi telinga dan mata, kita bisa mengajak si prasekolah menutup telinga atau matanya. Minta ia menutup sebelah telinganya dengan tangan, misal. Tanyakan, apakah ia bisa mendengar atau tidak? Kemudian, minta ia membuka kembali sebelah telinga yang ditutup itu. Dari sini ia bisa belajar membandingkan bahwa bila telinga ditutup, kurang jelas mendengar. Sebaliknya, bila kedua telinga tak ditutup, makin jelas mendengar suara. Begitu juga untuk mengenalkan fungsi mata. Kita bisa minta anak menutup kedua matanya. Tanyakan, apakah ia bisa melihat? Lalu, coba buka kembali kedua mata. Jadi, anak bisa lebih paham fungsi masing-masing anggota tubuh tersebut.
  4. Mencicipi beragam rasa. Nah, untuk mengenalkan fungsi lidah, kita bisa mengajak anak mencoba mencicipi beragam rasa: manis dari gula, asin dari garam, kopi pahit, dan lainnya.
  5. Bagian dari diri anak. Kita bisa menjelaskan bahwa anggota tubuh merupakan bagian dari diri anak. Otomatis si prasekolah pun akan belajar mengenai dirinya. Ia akan menyadari, “Oh, aku punya dua telinga, kiri dan kanan, yang fungsinya untuk mendengar suara.” Nah, pengenalan anggota tubuh dengan cara menyenangkan seperti bernyanyi tentu akan memudahkan si prasekolah untuk memahaminya.

Simak juga informasi lengkap mengenai tempat terbaik kursus IELTS di Jakarta sehingga memiliki bekal untuk mengerjakan tes tersebut.