Membedah Usus Ayam Pascalarangan AGP Bagian 2

Probiotik dan Prebiotik

selanjutnya, Tony menyoroti peran pro – biotik dan prebiotik dalam mensubstitusi AGP. Menurut dokter hewan lulusan IPB ini, pada ternak makin banyak probiotik tidak selalu makin bagus. Perlu kombinasi antara probiotik, prebiotik, dan asam organik. Namun, tetap saja manfaatnya tidak sesempurna AGP. “Untuk aktivasi probiotik perlu prebiotik agar cepat ber – kembang biak. Dengan pemberian prebiotik, ha – nya bakteri baik saja yang berkembang,” jelasnya. Proses pencernaan pa – da ayam ras membutuh – kan waktu 4,5 jam. Waktu ini lebih cepat ketimbang ayam kampung yang bu – tuh 6-8 jam. Proses pen – cernaan pada ayam ras berlangsung lebih cepat karena adanya peran mikroba. Maka, di – perlukan kualitas usus yang baik agar pro – ses pencernaan tersebut bisa berjalan op – timal. Terdapat tiga bakteri jenis original yang baik untuk pencernaan ayam, yakni Lactobacillus, Bacillus, dan Aspergillus. Bakteri baik memperpendek bahan ma – kanan yang berantai gizi panjang.

Ayam mencerna makanan dengan tiga cara. Pertama, secara fisik/mekanis berupa perendaman dengan lendir di dalam tem – bolok. Kedua, secara kimia di dalam tem – bolok dengan enzim dan kelenjar ludah. Dan yang ketiga, pencernaan secara mi – krobiologi menggunakan mikroba. Di empedal (gizzard) terjadi proses pen – cernaan secara enzimatik, mekanik, dan ki miawi. Proses pencer – na an di empedal di ten – tukan oleh pertumbuhan ayam pada minggu per – ta ma. Jika pertumbuhan – nya tidak optimal, empe – dalnya tidak berkembang sempurna. Lalu di dalam usus ter – jadi proses pencernaan secara kimiawi/enzimatik dan mikrobiologis. Kom – petisi mikroba lebih ‘he – bat’ dalam usus bagian be lakang, sementara kondisi di sini miskin nutrisi. Pada ayam broiler, jika ditemukan kerusakan usus bagian belakang menjadi pertanda adanya gejala NE. Aplikasi antibiotik pada ayam bergejala NE tidak akan memberikan manfaat. Sementara pada ayam yang mengalami cekaman panas (heat stress) ditemukan ba nyak lendir dan makanan yang tidak ter cerna dalam fesesnya. Sebab ayam yang mengalami deraan panas, banyak minum. Kalau penyebab heat stress-nya lingkungan maka penanganannya de – ngan penambahan ventilasi.

Kualitas Kerabang Telur

Persoalan lain yang banyak muncul pas – ca pelarangan AGP, ungkap Tony, adalah menurunnya kualitas kerabang telur. Bia – sa nya telur afkir setiap hari maksimal 1%. Namun setelah tanpa AGP dalam cam pur – an pakan, persentasenya naik menjadi 3% – 5%. Yang mengatur keseimbangan kalsium pada ayam adalah lever (hati). Meskipun kandungan kalsium dalam pakan tinggi tapi kalau fungsi lever terganggu maka penyerapan kalsium oleh dinding usus menjadi tidak optimal.

Untuk itu, peternak harus menjaga fungsi lever agar kerabang telur tetap baik. “Dengan begitu, rendahnya kualitas ke – rabang telur bisa juga karena fungsi hati ayam yang menurun. Jadi, tidak selama – nya rendahnya kualitas kerabang telur disebabkan ayam kekurangan kalsium,” tambahnya. Fungsi kalsium bagi ayam cukup penting. Menurut dia, kalsium darah disimpan dalam tulang atas bantuan hormon kalsi – domin dan paratinoid hormon. Kalsium da lam darah penting untuk konstruksi otot dan dibutuhkan untuk perkembang – an saraf. Jika kandungan kalsium darah turun, maka otot ayam menjadi tergang – gu. Dan kalau penurunan kalsiumnya berkepanjangan, ayam bisa lumpuh.