Membedah Usus Ayam Pascalarangan AGP

Membedah Usus Ayam Pascalarangan AGP – Berbagai persoalan muncul pada usaha peternakan ayam setelah ada larangan penggunaan Antibiotic Growth Promoter (AGP) dalam campuran pakan ayam sejak 1 Januari 2018. Masalah itu terutama terkait dengan saluran cerna ayam yang selama ini “aman” karena ada AGP. Tony Unandar, Private Poultry Farm Con – sultant menyampaikan, “Pascalarangan penggunaan AGP pada pakan unggas, ditemukan sejumlah masalah dalam pencernaan ayam. Selain pakan, ayam juga memakan mikroorganisme sehingga saluran cernanya penuh dengan mikroba.”

Problem Metabolisme

Tony menambahkan, jika terjadi keku – rang an makanan di dalam saluran usus ayam maka mikroba tersebut akan bere but makanan. Apalagi jika air yang dimi num ayam juga berasal dari sungai yang me – ngandung banyak mikroba, pencer na an ayam pun akan amburadul. Jadi, pe ter nak penting melakukan sanitasi air mi num ayam. “Antara dua kandang dalam farm saja sudah berbeda mikrobanya. Jika ayam dari dua kandang ini digabung, ma ka akan kelihatan proses pencernaannya tergang – gu,” jelasnya pada seminar dan lo ka karya bertema “Menuju Industri Layer Mo dern” di Lampung beberapa waktu lalu. Kalau kondisinya sudah parah, pertumbuhan rata-rata harian (average daily gain/ ADG) akan terganggu.

Karena itu, pe ternak harus mengatur dan menganali sis mikroba yang masuk ke dalam dan yang ada di saluran pencernaan ayam. “Sanitasi air, litter, dan lingkungan, serta meminimalkan stres merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan peternak pascalarangan AGP. Di Eropa pun sebetul nya juga terjadi goncangan pascalarang an AGP. Tetapi karena biosekuriti farm di Eropa lebih baik, permasalahan yang mun cul tidak separah di Indonesia,” ia menggambarkan. Sekadar contoh, pascapelarangan AGP di Indonesia banyak ditemukan kasus Ne cro – tic Enteritis (NE). Penyakit ini me nyebabkan usus ayam menjadi tipis se hingga kemampuannya menyerap nutrisi menurun.Tubuh ayam mengandung 18 ribu gen pembawa sifat. Di antara gen tersebut ada yang mem – pengaruhi kehi dup an ayam sehingga ada hubungan tim bal balik antara bakteri de – ngan ayam. Bak teri dalam tubuh ayam ada yang me ngun tungkan dan ada pula yang merugikan. Ka rena itu harus diperhatikan mikroba usus yang akan mengancam pro – ses pencernaan dan berdampak pada asup – an nutrien.