Menambah Kamar Tidur Anak

Si kakak baru saja mendapat adik? Atau, Anda berencana memisahkan kamar kedua anak Anda karena mereka sudah besar? Jika iya, perhatikan beberapa hal berikut ini. Saat memutuskan merenovasi rumah untuk menambah kamar tidur bagi buah hati, pastikan letak kamarnya agar mudah diawasi. Idealnya, kamar tidur anak selantai dengan kamar tidur utama agar pengawasannya jadi lebih mudah. Tapi, bila tak memungkinkan berada di lantai yang sama, prioritaskan kamar anak di lantai atas. Karena, akan lebih memudahkan Anda untuk mengawasi mereka dari lantai bawah. Apalagi, saat anak memasuki usia remaja. Anda akan lebih mudah mencegah mereka mengendap-endap pergi tanpa pamit. Di manapun letak kamar tidur anak Anda nantinya, pastikan kamar tidur memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik lagi jika sinar matahari bisa masuk dengan bebas ke dalam kamar. Ini membuat kamar tidur jadi lebih sehat. Perhatikan juga ruang lainnya. Jangan sampai ruang lainnya menjadi gelap karena proses renovasi.

Kasus

Rumah kami hanya memiliki 2 kamar tidur: kamar tidur utama dan kamar anak. Anak kami ada 2, lakilaki (8) dan perempuan (6). Kami ingin menambah kamar untuk si kecil yang perempuan. Rumah kami memiliki halaman belakang yang lebarnya 3 meter. Apakah kami bisa menambah kamar tidur anak di lahan tersebut? Bagaimana cara membuat RAB-nya?

Solusi

Agar nyaman, pastikan luas lahan yang Anda miliki minimal berukuran 3m x 4m. Pastikan lokasi kamar tidur memiliki sirkulasi udara yang baik, sebab anak Anda bakal menghabiskan sedikitnya 8 jam berada dalam kamar, baik untuk tidur maupun beraktivitas lainnya. Bisa dipastikan ketiga sisi dinding kamar tidur akan menempel pada dinding pembatas belakang, samping, dan dinding rumah itu sendiri. Karena itu, buat bukaan atau jendela yang cukup lebar pada sisi dinding yang “bebas” agar sirkulasi udara dalam kamar tidurnya mengalir dengan lancar dan sinar matahari bisa masuk dengan bebas. Ukuran minimal jendela 1/3 dari total luas dinding.

Agar kenyamanan didalam rumah tetap terjaga tentunya rumah juga ditambahkan sebuah genset. Harga jual genset silent murah di Surabaya bisa ditemukan pada distributor resmi. Karena akan mendapatkan harga diskon dan barang selalu ready stock.