Bled Castle di Slovenia

Mengunjungi Bled Castle di Slovenia

Bled Castle di Slovenia – Saat berada di tepian Danau Bled, mata saya sudah bisa menangkap bayangan menarik lainnya. Selain Bled Island dengan gerejanya, ada lagi magnet yang bikin tempat ini istimewa. Ya, Bled memang menakjubkan, karena di atas tebing kapur setinggi sekitar 120 meter, tepat di sisi utara danau, bertengger sebuah istana megah, Bled Castle. Duh, siapa yang tidak tergoda? Bled Castle tercatat sebagai istana tertua di Slovenia, dibangun tahun 1011. Jadi kalau dipikir bahwa istana ini baru dibikin untuk tujuan wisata, jelas itu pikiran yang keliru. Nah, keberadaan istana ini diprakarsai oleh Kaisar Jerman, Henri II, di saat daerah ini takluk dalam kuasa kekaisaran Jerman. Konon lokasinya yang menawan telah mengilhami banyak raja lain untuk membangun istana berpemandangan indah, termasuk Raja Ludwig II dari Jerman yang membangun Istana Schloss Neuschweinstein nan megah 800 tahun kemudian setelah Bled Castle berdiri.

Karena sudah melampaui 1000 tahun dan mengalami ratusan kali perpindahan pemilik, maka banyak sekali terjadi perubahan arsitektur serta percampurbauran gaya interiornya. Meskipun demikian, sebagian besar bangunan jelas menyiratkan tema Romanesque, sedangkan perombakan yang terjadi pada abad pertengahan membawa istana ini lebih kuat menampilkan corak Renaissance. Komplek istana terdiri dari dua level, terhubungkan oleh tangga. Panorama Bled menakjubkan ditilik dari istana ini.

Masuk akal kenapa tempat ini dipilih untuk lokasi istana. Selain mengagumi alam dan bangunan istana, saya sempat mengunjungi museum kecil dalam istana yang menampilkan barang-barang bersejarah, dan yang menyenangkan yakni masuk ke ruang bawah tanah untuk melihat gudang penyimpanan anggur alias wine cellar. Pokoknya, wajib datang ke istana ini kalau sudah sampai di Bled! Di kaki tebing pinggir danau terdapat Castle Beach, pantai buatan. Usai senja pantai yang dinamai Grajska Plaza oleh warga setempat ini ramai didatangi orang-orang muda untuk bersantai sembari mendengarkan musik.

Meski ini istana tua di Slovenia, bangunannya masih tampak bagus dan kokoh lantaran di pelihara dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga tidak heran bila banyak wisatawan yang datang kemari. Istana ini dilengkapi pula oleh genset yanmar 50 kva solar guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang kemari kapanpun.