Penyebab Tegangan Genset Naik Turun

Penyebab Tegangan Genset Naik Turun

Genset merupakan salah satu alternatif paling baik untuk memenuhi kebutuhan listrik. Genset menggunakan bahan bakar bensin atau solar, sesuai dengan kapasitas genset tersebut. Dalam sebuah genset sering juga terjadi masalah seperti tegangan naik turun dan sebagainya. Penyebab tegangan genset naik turun sangat beragam.

Bahan bakar genset yang paling sering digunakan adalah bensin. Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang mudah ditemukan. Bensin banyak digunakan untuk berbagai macam alat elektronik, terutama untuk transportasi darat. Sehingga bensin kadang mempunyai harga yang mahal jika persediaannya mulai menipis.

Penyebab Tegangan Genset Sering Naik Turun

Jika genset mengalami masalah, banyak penyebabnya, salah satunya karena pemakaian yang salah dan sebagainya. Berikut penyebab tegangan pada genset mengalami masalah dan cara memperbaikinya.

  1. Saklar rusak

Saklar merupakan alat yang menghubungkan antara instalasi dengan mesin. Saklar dapat menghubungkan dan memutuskan tegangan yang terjadi. Jika saklar utama mengalami kerusakan, maka harus diganti dengan saklar baru. Agar listrik dapat terhubung dan mengalir ke instalasi.

  1. Kabel rusak

Selain saklar, masalah lain yang terjadi adalah kabel yang rusak. Jika kabel rusak, akan memutuskan aliran listrik yang keluar dari mesin, sehingga harus segera diganti dengan kabel yang baru agar tegangan yang keluar stabil.

  1. Dioda bermasalah

Dioda merupakan penyebab utama tegangan genset yang keluar tidak stabil atau naik turun. Jika dioda bermasalah, cara memperbaikinya dengan melakukan pemeriksaan genset dan periksa kabel pada dioda tersebut. Kemudian ukur dioda dengan ohmmeter untuk mendapatkan tahanan.

  1. AVR genset bermasalah

Selain hal diatas, penyebab tegangan tidak stabil adalah pada AVR. AVR genset mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan pengaman  agar tetap terhubung dengan baik dan tegangan yang keluar tetap stabil.

  1. Terdapat masalah pada exciter

Setelah diode baru sudah diganti, namun tegangan tetap tidak keluar. Maka terdapat masalah juga pada gulungan exciter atau pada rotor dan statornya. Kemungkinan kedua gulungan tersebut terjadi masalah sehingga tegangan tidak keluar. Jika terdapat masalah pada exciter, Anda harus mengeceknya dulu.

Kebutuhan akan genset semakin meningkat, baik untuk kebutuhan di rumah, di sekolah, ataupun di perkantoran. Dengan adanya genset dapat memudahkan aktivitas atau kegiatan yang sedang berlangsung. Distributor genset di makassar dapat menjadi alternatif terbaik ketika terjadi pemadaman listrik. Khusunya jika sedang ada acara resmi dan membutuhkan pasokan listrik dengan kapasitas besar.

Sekarang anda sudah taukan apasaja faktor penyebab kenapa tegangan genset naik turun untuk merek Yanmar,Perkins,Cummins dan Honda. Apabila suatu saat genset anda mengalami masalah diatas, anda tidak bingung lagi mencari sumber masalah dan bisa memperbaiki sendiri.