Peranti Canggih Terkini Bagian 2

Lampu

LED (Light-Emitting Diode) perlahan menggantikan lampulampu bohlam yang semula merajai pasar elektronik. Hemat listrik, usia panjang—hingga 25 tahun—bentuk ­ eksibel dan cahaya terang yang tak disertai radiasi panas dan sinar UV, merupakan beberapa kelebihan LED. Fleksibilitas inilah yang mulai dikembangkan dalam inovasi terkini, OLED (Organic Light-Emitting Diode).

Teknologi lampu yang mulai diperkenalkan oleh PT Philips Indonesia sejak awal 2013 ini berbentuk lembaran pelat yang bisa diaplikasikan dalam beragam bentuk instalasi. Tak hanya e‑ sien, lampu OLED pun dirancang tanpa menggunakan material berbahaya seperti merkuri. Namun, di tanah air, lampu OLED ini belum lumrah digunakan.

Televisi

Perkembangan teknologi televisi selalu terkait dengan kenyamanan secara visual, baik dari segi ukuran televisi, ketajaman gambar, ataupun kesehatan mata. Tahun ini, jika dirangkum, terdapat 4 teknologi terkini yang mulai merambah pasar televisi.

Pertama, teknologi layar lengkung yang mulai diluncurkan oleh beberapa perusahaan produsen televisi. Selain itu, televisi beresolusi Ultra HD—yang biasa disebut dengan resolusi 4k—pun mulai dipasarkan, meskipun harganya cenderung tinggi. Belakangan, teknologi layar lengkung raksasa—sebesar 105 inci—dipadukan dengan resolusi Ultra HD, salah satunya produk yang baru diluncurkan oleh Samsung, Januari lalu. Sayangnya, produk ini belum masuk ke Indonesia.

Selain 2 teknologi tersebut, belakangan, layar UHD dengan teknologi OLED (Organic LightEmitting Diode) semakin diminati. Dengan dimensi yang sangat tipis— hanya selebar 4mm—penampilan televisi OLED secara visual sangatlah memikat mata. Tak hanya itu, teknologi OLED tak membutuhkan rangkaian pencahayaan belakang untuk menampilkan gambar di layar, karena di dalam lembaran OLED, terkandung LED yang dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Agar kenyamanan di dalam rumah dalam menggunakan piranti elektronik di atas tetap dapat dinikmati selagi listrik PLN padam, perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik pengganti. Harga genset murah untuk rumah tangga bisa didapatkan melalui Distributor Genset Perkins 500 Kva di Surabaya. Salah satunya ialah PT. Rajawali Indo yang memberikan garansi resmi serta potongan harga disetiap pembelian unit barunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *