Rapi Dengan Teknik Penyimpanan Yang Pas

Memiliki banyak barang di dapur terkadang membuat bingung penghuni bagaimana dan di mana barangbarang tersebut harus diletakkan. Terlebih, bila penghuni memiliki hobi memasak. Pastilah perabot yang dimiliki juga lebih banyak jumlahnya dibanding penghuni yang tidak menyukai kegiatan memasak. Ketika memasak menjadi aktivitas rutin setiap harinya maka Anda membutuhkan sebuah kabinet yang besar. Dengan begitu, alat dapur, bahan makanan, dan home appliance dapat disimpan dan ditampung dengan mudah. Kehadiran perabot tersebut pastinya membutuhkan penataan yang tepat agar dapur terlihat rapi.

Untuk menghindari kondisi dapur yang terlihat berantakan dengan barang-barang yang tidak diperlukan, sebaiknya tata barang-barang yang dipakai setiap hari dan yang jarang digunakan di dalam ruang penyimpanan yang terpisah. Cek jumlah barang yang akan disimpan. Pastikan barang yang seperti apa yang akan Anda simpan di ruang penyimpanan. Tentukan jenis, ukuran, dan perkiraan frekuensi penggunaan.

Buat daftar peralatan dapur yang setiap hari Anda gunakan. Juga bahan makanan dan kemasan yang biasanya Anda simpan. Contoh peralatan dapur yang mungkin tidak dipakai setiap hari adalah peralatan untuk memasak kue, seperti mixer, loyang, dan cetakan-cetakan kue. Jika Anda tidak membuat kopi atau roti panggang setiap hari, bisa juga menyimpan microwave dan mesin pembuat kopi di lemari sehingga tidak memenuhi dapur Anda. Hal ini akan membuat dapur terlihat lapang dan luas.

TATA PERABOT SESUAI TEMPATNYA

Selain membuat dapur tampak rapi, menata barang sesuai dengan tempatnya dapat memudahkan Anda ketika akan menggunakannya. Tempatkan perabot sesuai frekuensi penggunaan. Yang jarang digunakan, diletakkan di bagian atas. Simpan sesuai ukuran, barang kategori S (small) di laci atas, M (medium) pada laci tengah, dan L (large) di laci bawah. Anda juga dapat meletakkan perabot sesuai dengan fungsinya. Contohnya, tempatkan panci di kabinet teratas atau tepatkan centong di kabinet bawah kompor. Dengan begini, Anda dapat mengingatnya dengan mudah saat akan menggunakan.

RAPIKAN BILA TRANSPARAN

Bila Anda menggunakan kaca transparan sebagai penutup dari ruang penyimpanan di dapur Anda untuk meletakkan piring, gelas, atau peralatan dapur lainnya, sebaiknya tata seindah dan seteratur mungkin. Hal ini dilakukan karena kondisinya akan terlihat langsung oleh siapapun yang berkunjung ke dapur Anda. Hal ini juga berlaku bila Anda menggunakan rak gantung untuk meletakkan perabot dapur. Rak gantung tanpa penutup juga dapat langsung terlihat. Untuk menghindari kesan berantakan, area-area ini sebaiknya selalu diperhatikan kerapiannya.

KEMBALIKAN SETELAH DIPAKAI

Untuk menciptakan dapur yang selalu rapi, dibutuhkan pula kedisiplinan dan sangat bergantung pada kebiasaan penghuni. Nah, biasakanlah untuk selalu mengembalikan barang yang telah dipakai ke tempat semula. Selain membuat barangbarang lebih terorganisir, hal ini juga dapat memudahkan Anda saat mencari barang tersebut. Bayangkan jika Anda membutuhkan salah satu perabotan, tapi lupa di mana menyimpannya. Hal ini tentunya akan menjengkelkan dan membutuhkan waktu yang lama lagi untuk mencarinya. Oleh karena itu, tanamkanlah sikap disiplin saat berada di dapur.

Selain membuat tatanan dapur menjadi lebih tampak indah dan rapi tentunya rumah juga membutuhkan genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah untuk rumah tangga bisa didapatkan melalui suplier resmi genset silent 2000 kva di Jakarta. Salah satu suplier genset resmi adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.